Tuesday, July 26, 2011

LDKPD Angkatan Gue

LDKPD atau kepanjangan dari latihan dasar kepemimpinan ini adalah suatu kegiatan yang mengajar tentang menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.


dan gue sudah merangkum (hampir) semua kegiatan ldkpd ini di leptop dan silahkan membaca :


1.     Outbound Leadership

Setelah Pembukaan, para peserta LDKPD diberikan waktu untuk istirahat sebentar dan melaksanakan solhat dzuhur berjamaah,saat selesai solat ashar kami melakukan persiapan untuk Outbound. Outbound dilakukan di lapangan yang becek,dengan beberapa games untuk menambah kerja sama tim yaitu, pesan berantai, memasukkan paku dalam botol, sambung sedotan, dan ular panjang. Pesan berantai melatih seseorang untuk fokus saat mendengar dan menyimak agar tidak salah dalam menyampaikan pesan yang diberikan. Memasukkan paku dalam botol melatih kerja sama karena di outbound ini dilakukan dengan 5 orang, 1 orang memberi petunjuk dan empat lainnya memasukkan 1 paku yang diikat pada mereka berempat. Sambung sedotan dan ular panjang juga sama seperti games sebelumnya, melatih kerja sama di mana dalam games sambung sedotan harus menyerahkan sedotan dengan leher dan di ular panjang tim berusaha membuat barisan yang panjang dengan menyambungkan barisan menggunakan apa pun yang bisa digunakan seperti baju, celana, kaki dan lain-lain.
 


2.     Api Unggun

Setelah Outbound, para peserta beristirahat dan makan dengan lauk sayur dan ayam,dan setelah makan bersiap untuk api unggun di lapangan. Saat api unggun dilekukan upacara penyalaan api unggun oleh petugas yang telah di tunjuk. Setelah itu ada beberapa murid yang ditunjuk untuk bernyanyi dan beberapa contohnya si awan (MM1) dia di suruh memilih antara nyanyi atau pulang,
Anak2 bilang “udah nyanyi aja wan” tapi si awan tetep diem malu malu koecing, dan akhirnya api unggun di meriahkan oleh kelompok untuk menyanyikan yel-yel kelompoknya.


3.    Senam Pagi

Selesai Api Unggun para peserta beristirahat kembali. Di hari kedua seluruh peserta bangun pagi lalu sholat subuh (bagi yang beragama islam) senam pagi di lapangan dengan di ketuai oleh nurdiansyah(budi), kami dilatih bagaikan di acara the camp, Sesudah senam pagi para peserta dikumpulkan untuk foto perjurusan, lalu kembali ke villa untuk sarapan…..mmmmmmm……nyammmmmiiiiiiiiii…..


4.    Tracking/Lintas Alam

Setelah sarapan para peserta bersiap untuk melakukan tracking. Seluruh kelompok harus melewati 6 pos sebelum kembali. Sebelum ke pos 1 kami diberi materi oleh Bu Ambarwati dan Bu Fifita yaitu menyanyikan lagu berbau patriotisme. Setelah dari tempat Bu Ambarwati kelompok kami menuju ke pos 1 untuk melanjutkan materi sebelumnya. Setelah pos 1 kelompok kami melanjutkan ke pos 2,sebelum sampai di pos 2,kami disuruh nyanyi lagi sama kk osis,dan go to pos 2 ada Pak Muhajir dan Bu Meta, di pos ini kami semua di suruh menjawab pertanyaan dari pak muhajir,
-pak muhajir nanya “berapa jam kalian sampai disini”
+anak2 “10 menit pak”
-pak muhajir “ahhhh…….saaaalllllaaaahhhhhh…..” dan go to dalam lumpur yang berbau mmmmmm…….sedaaaaaaaaappppppp…….. dan pas sampai akhir bu meta menyuruh kami suruh guling-gulinggan ohhh…..noooooo……. Setelah dari pos 2 lanjut ke pos 3, sebelum sampai di pos 3 kami disuruh hormat ke pohon pisang oleh Pak Roni dan di beri materi tentang menjaga dan menghormati alam. Setelah itu di pos 3 kami disuruh untuk masuk ke dalam sebuah gorong-gorong oleh Pak Lukman.dan saat di gorong-gorong kami disuruh menyelamkan kepala kami,Setelah itu kami disuruh mengigit rumput dan tidak boleh lepas sampai di pos berikutnya. Di pos berikutnya pos 4 kami disuruh untuk berhitung sambil mengigit rumput lalu belajar bagaimana menolong orang yang sedang sakit,dengan jalan di atas lumpur.  Sebelum ke pos 5 kami disuruh membersihkan diri di sungai dan di rekam pula dengan kk osis. Sampai di pos 5 kami diberikan materi tentang agama oleh Pak Rahadi dan seperti biasa dicoret dengan lumpur sama kk osis lagi. Setelah dari pos 5 kami ke pos 6, di pos 6 ada ketua osis dan kami di tanya siapa kakak osis di pos 4. Setelah itu kami kembali ke villa. Sebelum sampai di villa kami membersihkan diri di kolam yang berwarna coklat,karna warnanya sudah bekolaborasi dengan lumpur,dan langsung tanpa basa basi kita ganti baju,dan muakan sebuanyak-buanyaknya…..hahaha. . . . .
 

5.      Kembali ke Kampus SMK BI

Sebelum kembali dilakukan pengecekan peserta apakah sudah lengkap atau belum barulah kami kembali ke kembali ke Kampus SMK BI dengan bis. Sampai kembali di Kampus SMK BI dilakukan pengecekan kembali sebelum para peserta kembali ke rumah masing masing.


6.    Kesan-kesan selama LDKPD

Selama LDKPD kami banyak belajar tentang kedisiplinan dan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan benar. Kami berharap kami bisa belajar dari LDKPD ini agar selalu disiplin.aminnnnnnnnnn………………………….



gimana jelas nggak ceritanya ?
#kagaktuh....

0 comments:

 
;