Sunday, March 11, 2018 0 comments

Tolong hargai dietku ini kawan

“ky lu kayaknya gendutan deh” itu adalah salah satu dari segelintir pertanyaan yang paling gue hindari, jika ada yang nanya kayak gitu gue langsung jawab “eh liat di atas ada pesawat mau turun tuh” pas dia nengok ke atas, gue langsung kabur melarikan diri agar tidak menerima kalimat yang lebih menyakitkan lagi. Gue ini sedang mengikuti program diet yang nggak tau namanya apa, soalnya gue terlalu banyak membaca di internet dan di buku, dan program diet yang sedang gue jalani itu termasuk dari semua program diet yang gue baca, entah itu OCD yang dengan puasanya, mengurangi karbo, atau program diet yang lainnya. Gue sudah berusaha puasa, banyak minum air, tidur yang cukup, dan berolahraga 5x dalam seminggu, apakah “ky lu kayaknya gendutan deh” adalah balasan yang bagus untuk orang gendut yang sedang diet ini? Rasanya itu kayak kalian lagi jalan sama cewek kalian, lalu di perjalanan ketemu mantan yang mau minta balikan, rasanya nggak karuan. Ayoo dong hargailah perjuangan kami yang sedang diet ini kawan-kawanku.

Menjalani program diet itu susah-susah gampang. Dengan kalian terbiasa menalani program diet, ketika memasuki bulan Ramadhan kalian nggak kaget kalo nggak makan dan minum selama 14 jam. Tapi kalo urusan amarah itu beda lagi, dalam program diet nggak ada, kalo mau latian amarah untuk bulan Ramadhan nanti, kalian bisa ngajar anak-anak yang sekolah di pendidikan anak usia dini (PAUD), disitu kalian diberi amanah untuk mengajari anak-anak usia dini dari latar belakang yang berbeda-beda dan kalian harus bisa mengajari mereka dengan kesabaran yang super ekstra. Salut untuk para guru di PAUD. Lanjut ke program diet lagi, dalam menjalani program diet juga ada tantangan tersendiri, seperti diajak makan sama teman-teman di restoran cepat saji. Lalu ketika pulang ada makan malem yang bila tidak dimakan akan menjadi mubazir. Kan bisa beli minum doang di restoran? Iya memang bisa, tapi bagaimana perasaan kalian melihat 8 orang teman kalian makan dengan lahap dengan makanan yang super duper lezat itu sementara kalian cuma seruput teh anget tawar? Kan nggak mungkin kalian makan sisa dari makanan mereka kalo ada yang nggak abis. Disinilah kami yang sedang menjalani program diet harus berfikir out of the box. Dari pengalamana gue yang sering diajak temen buat nongkrong entah itu di warteg, warkop, atau mall, inilah yang harus kalian lakukan saat mereka memesan makanan.
Pesananlah makanan yang tidak pakai daging
Kita ini terbuat dari tanah, tanah itu identic dengan alam, jadi alangkah baiknnya jika kalian memesan makanan yang tidak pakai daging, entah itu salad, sayur kangkung, atau timun disambelin. Kalaupun semua makanan pakai daging, pilihlah daging ayam, karna daging ayam dibandingkan daging sapi itu lebih murah, dan lebih putih dada juga pahanya. Setuju?

Pesan minum air mineral
Buat kalian para cowok biasanya kalian kalo nongkrong itu mesennya kopi buat temen nongkrong, kalo lagi menjalani program diet lebih baik pesanlah air mineral karna sudah pasti lebih murah dan lebih bening. Setuju?
Jadi dengan kedua tips dari gue itu, kalian bisa nongkrong tanpa harus kosong di atas meja makan kalian. Dan nongkrong tetep jalan juga program diet juga jalan. Tapi masih ada tapinya nih. Gue pernah diajak nongkrong di mall sama temen gue, ketika gue memesan salad dan air mineral, temen gue bilang begini “yaelah rik masih aje lu makan kayak orang jaman batu sayur sama air mineral? Slow aja gue bayarin sini makan daging sapi nih kayak gue, mumpung gue baru gajian” disitulah kalian diuji keimanan dan kesetiaan kalian kepada program diet. Kalo kalian sudah berteman dengan teman kalian lebih dari 5 tahun biasanya hal traktir mentraktir itu hal yang biasa, karna dalam pertemanan yang sudah selama itu biasanya tau yang sedang lagi dapet rezeki bisa bagi-bagi ke temennya. Gue pun demikian, kalo ada rezeki gue juga mentraktir temen gue. Jadi semuanya nggak ada yang dirugikan.

Nah sekarang bagaiman cara menganggapi jika kalian ditraktir seperti itu? Tariklah nafas yang dalam, tahan sejenak lalu bilang “nggak usah gue tadi udah makan bakso di rumah, ini aja cukup kok” kenapa kalian harus bilang begitu? Sekarang gini misalkan kalian ditanya balik “yaelah ini kan enak makan daging sapi” kalian bisa jawab “lah kan bakso juga daging sapi” temen kalian bales “tapi ini kan lebih enak” kalian bales “nggak kok cukup ini aja” temen kalian bales lagi “yaudah kalo gitu” kalian bales “oke makasih yak” dan temen kalian malah nanya “gimana kalo gue traktir mie ayam?” nah akhirnya kalian ngobrol di depan meja pemesanan sampai kasirnya bete nungguin dan pergi ke bioskop untuk nonton Dilan 1990, lalu pulang dari nonton, si penjaga kasir ini baper dan langsung pulang, pas kalian sudah ingin memesan ternyata restaurannya tutup karna kalian kelamaan ngobrol di depan meja pemesanan. Nggak mungkin sampe segitunya kan? Oleh karena itu jika ingin memesan makanan sesuaikan dengan apa yang udah masuk di perut kita, jangan makan melebihi kapasitas perut dan dompet. Karna yang berlebihan itu tidak baik, termasuk ngobrol di depan meja kasir dengan lama.

Setelah kalian selamat dari pertemuan pada siang hari, ketika kalian pulang pada malam hari, ternyata di rumah ada santapan lezat dari tangan ibu kalian. Pilihannya hanya satu kalo untuk ini, makanlah. Kenapa? Kan tadi siang Cuma makan dikit bro, masa lupa? Sekarang makan secukupnya untuk malam hari, biar nanti bisa tidur nyenyak dan bisa mimpi indah.

Menjalani program diet itu sangat asik kok kalau dijalaninya dengan ikhlas dan niat, tujuannya gue ikut program diet kan supaya bisa mendapatkan berat badan yang ideal, juga otot yang berguna suatu saat nanti kalo gue disuruh dorong mobil bokap pas lagi mogok, atau disuruh angkat beras 1 karung yang dibawa dari warung ke rumah. (ini gue kenapa berharap jadi kuli yak?)
Jadi sekali lagi hargai ya program diet yang sedang gue jalani ini. Minimal kalian bilang ke gue

“eh ky lu kurusan deh”

“iyaa makasih ya” jawab gue yang seneng

“tapi kok kalo dari sini keliatannya masih gendutan ya?”

Pada saat itu gue akhirnya menyadari, ini yang dinamakan sakit tapi tidak berdarah.

Thursday, February 9, 2017 0 comments

Kalahkan Phobiamu

Hari ini adalah hari dimana gue melawan phobia gue saat kecil, yaitu phobia deket cewe cantik. Hari ini gue diajak sama cewek gue buat nemenin dia kerja kelompok di rumah temennya. Dan rumah temennya itu deket sama rumah gue. Dan entah mengapa gue kira di kelompoknya dia itu ada cowoknya, ternyata cewek semua. Padahal perjanjian kemarin gue cuma nganterin doang, entah mengapa gue bisa jadi ikut serta di kerja kelompok dia, mungkin dengan iming-iming ujan jadi gue disuruh neduh dulu -padahal di luar udah reda-

Yap.  Saat itu gue duduk di deket 4 cewek, dan gue duduk di sebelah cewek gue -itu udah pasti- phobia deket cewek sih udah bisa gue lawan, tapi gue nggak bisa berbaur dengan mereka, alasannya :

1. Kebetulan 4 cewek ini jurusan perawat, jadi gue nggak tau apa yang mereka omongin, gue liat darah aja pingsan.
2. Gue nggak tau apa yang lagi hits menurut mereka, karna gue cuma update tentang jepang dan youtube.
3. Gue nggak tau harus bikin topik apa

4 cewek ini seru banget ngobrolin ini itu, kebetulan di rumah temennya ada WI-FI jadi gue streaming YouTube di HP gue. Karaoke sendiri, ketawa sendiri, dan puas-puasin download sendiri :v

Tugas yang mereka bikin itu makalah tentang dinas mereka di suatu rumah sakit daerah jakarta selatan. Gue lebih sering denger curhatan mereka tentang cowok di rumah sakit dibandingkan dengan tugas makalah mereka. Ya begitulah teori kerja kelompok 99% ngobrolin sana-sini 1% ngerjain makalah, itupun juga yang ngerjain 1 yang lain copy -gue juga gitu sih-

Gue seneng bisa melawan phobia gue ini, yang dulunya gue nggak pernah duduk di sebelah cewek, dan sekarang bisa duduk bareng cewek, grogi tetep ada kok namanya juga cowok sendirian.

Keasikkan mereka berempat sangatlah seru sampe gue berfikir untung pulang dulu, sekaligus ganti baju. Ketika gue sampe rumah, notification instagram gue bunyi kalo cewek gue lagi live di instagram, bener kan teori kerja kelompok yang gue bilang tadi. Hahaha...

Walaupun begitu akhirnya mereka menyelesaikan makalah itu, dengan catatan perlu diedit lagi. Dan terakhir gue nganter anak Palmerah ini pulang ke rumahnya. Oyasuminasai~

Friday, March 4, 2016 0 comments

Jum’at

Hari ini gue melewati hari dengan begitu senang, dimulai dengan bangun jam 8 pagi, dikarenakan hari ini dosen mengikuti workshop di kampus. Gue bisa leha-leha di rumah sampai jam setengah 11 siang, setelah itu langsung menuju kampus, sewaktu perjalanan, gue melihat polisi sedang melakukan razia, namun disampingnya terdapat kameramen, gue nggak tau itu sedang membuat program apa, yang pasti tujuannya untuk menyadarkan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas. Sesampainya di kampus, gue langsung menuju gedung graha mahasiswa, gue melihat 2 makhluk hidup sedang tidur pulas di graha tersebut. Gue jalan mengendap-ngendap melalui belakang agar tidak membangunkan mereka. Tak lama kemudian orang-orang sudah mulai ramai di graha ini, ternyata mereka semua pada selesai rapat untuk menghadapi rapat kerja besok. Oleh karna itu hari ini semua mahasiswa yang tergabung dalam HIMA (himpuan mahasiswa) disibukkan dengan surat-surat yang selalu ada revisi setiap jamnya. Itu semua membuat gue harus pulang malem terus untuk menunggu apakah ada revisi atau tidak.

Terakhir gue pulang jam 08:40 malam dari kampus, gue menempuh perjalanan pulang ke rumah selama 1 jam. Kenapa bisa cepet? Yaiyalah jam segitu Jakarta Selatan udah sepi. Siang hari gue mengadakan program kerja di workshop, gue telat 15 menit dari waktu yang sudah disepakati, dikarenakan gue harus meminjam layar unruk media pembelajaran, nama program kerja tersebut yaitu benkyoukai yaitu belajar bahasa jepang bersama, namun diluar waktu jam perkuliahan, disini kita lebih ke-diskusi bersama dan juga memakai metode game’s dan juga ceramah, mahasiswa pada antusias mengikuti program kerja ini, dikarenakan kedepannya akan berguna untuk mereka. Ketika benkyoukai dimulai, gue disibukkan dengan pembuatan design untuk LKTD (Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar) yang akan diselenggarakan desember nanti, seperti design pin, backdrop, dan juga sertifikat. Itu semua membuat gue harus membuka ide gue seluas mungkin untuk membuat 3 design dalam 1 jam.

Diakhir pembelajaran, gue dijadikan bahan contoh untuk kaiwa atau percakapan, gue gugup jika bercakapan dengan dosen, oleh karna itu semua kosakata yang udah gue hapal langsung blank. Itu membuat gue harus lebih percaya diri lagi untuk menghadapi situasi seperti itu, dikhawatirkan, di masa yang akan datang atau ketika dalam konteks pekerjaan gue membawa sifat seperti ini pada situasi tersebut, dan itu akan membuat gue bisa kena SP(surat peringatan). Maka dari itu gue harus sering berbicara dengan siapapun agar gue bisa merubah sifat seperti ini, dan membuat gue lebih baik lagi.

Setelah program benkyoukai berakhir, gue disuruh dosen gue untuk membantu mahasiswa untuk memecahkan contoh soal ujian shiken N5, walaupun gue udah melewati tingkat itu, gue harus berbagi pengalaman kepada mereka yang ikut ujian tersebut agar lulus dengan mudah. Gue bukan kasih mereka soal, namun gue ngajarin mereka tentang pola kalimat apa saja yang nanti keluar di ujian itu, dan bagaimana tips agar mudah mengerjakannya. Belajar bahasa asing itu nggak perlu jago materi, tapi dalam percakapan kita harus aktif untuk tercapainya tujuan dalam belajar bahasa asing tersebut, kita butuh kosakata dan tata bahasa baru untuk menambah skill dalam bahasa asing, oleh karna itu belajar bahasa asing itu kelasnya suka berisik, karna harus menjadi makanan sehari-sehari untuk bibir kita.

Malam hari gue mulai bad mood, entah kenapa gue bisa seperti itu di malam ini, apakah mungkin gue terlalu capek, atau terlalu banyak pikiran, atau apalah. Tapi yang pasti gue sedang bad mood malam ini. Disekitar gue, mahasiswa pada ngomongin rancangan program kerja yang akan di bahas untuk besok. Revisi ini, revisi itu, kata yang sudah menjadi makanan gue sehari-hari di gedung graha mahasiswa ini. Ya maklum demi kesuksesan rancangan program kerja yang setiap HIMA buat, mereka harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal di esok hari. Waktu tak terasa sudah jam 7 lewat, gue langsung buka laptop dan mula menulis cerita ini, jarang juga sih gue bisa nulis lagi, mungkin karna bad mood ini, gue jadi banyak inspirasi untuk menulis lagi. Sudah lama gue jarang nulis untuk blog pribadi gue yaitu Kucing Hitam. Apa itu bertanda gue jarang bad mood? Atau gara-gara gue nulis ini melalui mimpi? #mulaiabsurd

Waktu mulai menunjukan jam 8 kurang, dan gue sudah ditelpon oleh orang rumah, dan itu bertanda gue harus pulang, dan tulisan gue hari ini selesai sampai disini.
MATA NEE (sampai jumpa lagi)
Wednesday, June 17, 2015 0 comments

PUASA



Halo semuanya, apa kabar? Gue harap kalian baik baik saja, dan yang jomblo semoga mantan kalian baik baik saja sama gebetan barunya. Udah lama gue nggak posting Blog ini, bukannya gue menduakan Blog gue, melainkan kepadatan jam kuliah yang membuat gue bisa nginep di kampus demi tugas bisa dikumpulkan #curhat
Ok itu hanya sekilas tentang curhatan gue, sekarang gue akan menceritakan puasa. Alhamdulillah hari ini gue masih bisa bertemu dengan bulan Ramadhan, gue bersyukur banget masih bisa ngerasain puasa di tahun ini, masih bisa nonton acara sahur yang kocak, dan menunggu adzan maghrib di tivi. Pokoknya banyak hal yang seru di bulan puasa, karena lapar dan haus bukanlah halangan untuk kita melakukan aktifitas sehari-hari.
1.      Bisa bangun pagi
Keunggulan puasa menurut gue yaitu, kita bisa bangun pagi, bagi yang begadang pun bisa menjadi tukang bangunin sahur, jadinya untung sama untung. Dengan bisa bangun pagi, kalian bisa tau bahwa udara di pagi hari ini sangat menyejukkan, karna udara pagi itu tanpa polusi, tanpa polisi, dan tanpa mantan. Asyiknya lagi dengan bangun pagi, kita masih sempat untuk memakai paket internet kalong yang jam 12 malem sampe jam 6 pagi. Jadi intinya banyak yang bisa dilakukan di pagi hari, dibandingkan bangun setelah matahari terbit, baru keluar rumah udah macet.
2.      Bisa makan pagi
Mungkin menurut sebagian orang makan pagi adalah hal yang penting, karna dengan makan pagi kita bisa menyimpan/menambah energi untuk aktifitas kita disiang hingga sore hari. Namun makan pagi dengan kebanyakan juga nggak bagus, malah bikin pengen pup, kalo udah pup, energinya kebuang deh di wc. Bagi yang nggak biasa makan pagi, dalam puasa di sunahkan untuk bersaur, karna saur adalah waktu yang harus kita pakai untuk makan makanan yang berenergi, bervitamin, berkabohidrat, dll. Jangan terlalu banyak fast food, karna dengan fast food membuat kita juga fast untuk buka puasanya.
3.      Bisa nonton acara sahur yang seru
Waktu sahur itu adalah waktu dimana acara tivi diubah 180 derajat, awalnya pagi-pagi itu ada acara berita, diganti dengan acara lawak. Namun ada juga yang masih nayangin berita, nggak ada salahnya kan makan sambil nonton berita. Sudah kenyang dapet informasi pula. Dengan adanya acara sahur yang bervariasi, mengajak kita ingin bangun sahur, karna hanya ada 1 bulan dalam setaun.
 
;