Sabtu, 24 Desember 2011

Liburan Akhir Tahun

Liburan, mmm... Kata itu mungkin yang paling disukai oleh seluruh pelajar dan juga pekerja, karna liburan itu dimana hari nggak masuk sekolah ataupun kerja, tapi bagi gue liburan itu sengsara, kenapa? Karna dari jaman gue SMP hingga SMK pasti liburan gue diisi dengan kekosongan kegiatan, ya cuma tiduran aja sambil gonta-ganti channel tipi, tapi kadang-kadang liburan juga seru sih (inget cuma kadang-kadang), serunya kalo lagi pergi sama keluarga kesana-kemari nggak tau tujuan (padahal mah nyasar), dan bisa saling ngobrol bersama dan ceria bersama.
Tapi sebelum masuk ke hari liburan, kita (terutama pelajar kayak gue) harus masuk hari yang dimana siswa paling males mikir, yaitu hari ujian. Kalo seorang siswa males (kayak gue) denger katakata “ujian” pasti bawaannya males, karna saking malesnya dia berpikir “oh.. Ujian tinggal nyontek aja kok, gampang” tapi kalo orang rajin denger kata “ujian” dia pasti berpikir “waduh ujian, aku harus belajar nih biar bisa ranking 1” dan juga biasanya orang tua kalo anaknya dapet ranking 1 pasti dikasih hadiah, ada yang dikasih leptop, motor, hingga liburan ke luar negri.
Sebelum masuknya hari ujian, gue pernah survei ke anak-anak dan ngasih beberapa pertanyaan seperti:
-          Ntar malem lu belajar?
-          Eh lu tau nggak pelajaran matematika yang dibaca bab berapa aja?
-          Lu udah siapin peralatan buat ujian?
-          Udah siap belum lu hadapin ujian?
-          Kalo lu ranking 1, lu mau dikasih hadiah apa dari ortu?
Dari semua pertanyaan itu banyak yang bilang “nggak tau/nggak”. Tapi giliran pertanyaan terakhir banyak jawaban-jawaban yang aneh seperti :
Kalo yang jawab cowok : “gue sih nggak minta banyak-banyak. cuma pengen 1 set alat band”
Kalo yang jawab cewek : “mau tas, sendal, topi, make-up, baju, celana, sama sepeda Fixie”
Gue bingung sama anak zaman sekarang, belajar nggak, tapi maunya bejibun, banyangin aja mintanya nggak pake perasaan kayak minta 1 set alat band dan aksesoris buat cewek, itu kan barang mahal-mahal semua bro. Gue aja nih yang males belajar, kalo ranking 1 cuma pengen motor gue diganti sama mobil Alphard (yah itu mah sama aje kuple). #lupakan
Nah di hari ujian ini gue dapet inspirasi untuk membuat beberapa syair lagu untuk ujian kali ini.
            MTK ku tak bisa
            Fisika juga nggak bisa
            Semua nggak bisa
            Mending ku menyontek aja
Atau ini  
            Do doakan ku pasti lulus
            Re relakan aku menyontek
            Mi misalnya ku ketauan
            Fa fasti besok ku nyontek lagi
            So soalnya emang susah banget  
            La lama-lama bisa gila
            Si siapa yang tau jawabannya
            Do doleh dong di bagi-bagi (syair yang ini maksa banget)
Mungkin syair itu juga pas buat motto anak zaman sekarang kalo lagi ujian. Tapi semoga aja nggak, ini cuma sekedar hiburan Blog kok. #salampelajar
Setelah ujian selesai, para siswa udah mulai lega, tinggal liat ada yang remedial apa kagak. Dan besoknya pengambilan rapot. Mungkin rasa lega udah mulai ilang karna mereka takut kalo nilai rapotnya merah semuanya dan setelah ortu sampai di rumah dengan membawa rapot berisi nilai merah semua, si ortu ke dapur ambil golok, and then going to Riky Chan room, dan tanpa basa-basi si ortu menyembelih leher anaknya sendiri (hanya) karna rapotnya jelek (ok bagian ini gue over acting). #lupakan

Tapi kalo nilai rapotnya bagus, lu (mungkin) diberi hadiah sama ortu berupa buku fisika dan matematika setebel buku Harry Potter (yang nge-fans Harry Potter pasti tau lah tebelnya se-apa?) itu hadiah buat orang yang kutu buku. Tapi kalo gue dapet nilai di rapot bagus, mungkin gue dikasih berupa sepasang sendal 10ribuan yang di beli di pasar malem #kasianamat. Gue berdoa semoga hasil rapot para siswa di Indonesia itu bagus-bagus dan bukan hasil nyontek, tetapi hasil sendiri. #PelajarPintar

1 komentar:

Unknown mengatakan...

cuma mau mengundang temen penulis kalo mau ada lomba di sekolah kami, dibuka buat pelajar SMP/SMA/sederajat... keterangan lebih lanjut lihat:

http://www.facebook.com/notes/nurhikmah-taliasih/lomba-menulis-cerpen-islami-rohis-smk-telkom-sandhy-putra-purwokerto/316266511740553

diharap keikutsertaannya ya teman2, trimakasih...share juga ke teman yang lain yaaa...:-)

 
;