Minggu, 11 Maret 2018

Tolong hargai dietku ini kawan

“ky lu kayaknya gendutan deh” itu adalah salah satu dari segelintir pertanyaan yang paling gue hindari, jika ada yang nanya kayak gitu gue langsung jawab “eh liat di atas ada pesawat mau turun tuh” pas dia nengok ke atas, gue langsung kabur melarikan diri agar tidak menerima kalimat yang lebih menyakitkan lagi. Gue ini sedang mengikuti program diet yang nggak tau namanya apa, soalnya gue terlalu banyak membaca di internet dan di buku, dan program diet yang sedang gue jalani itu termasuk dari semua program diet yang gue baca, entah itu OCD yang dengan puasanya, mengurangi karbo, atau program diet yang lainnya. Gue sudah berusaha puasa, banyak minum air, tidur yang cukup, dan berolahraga 5x dalam seminggu, apakah “ky lu kayaknya gendutan deh” adalah balasan yang bagus untuk orang gendut yang sedang diet ini? Rasanya itu kayak kalian lagi jalan sama cewek kalian, lalu di perjalanan ketemu mantan yang mau minta balikan, rasanya nggak karuan. Ayoo dong hargailah perjuangan kami yang sedang diet ini kawan-kawanku.

Menjalani program diet itu susah-susah gampang. Dengan kalian terbiasa menalani program diet, ketika memasuki bulan Ramadhan kalian nggak kaget kalo nggak makan dan minum selama 14 jam. Tapi kalo urusan amarah itu beda lagi, dalam program diet nggak ada, kalo mau latian amarah untuk bulan Ramadhan nanti, kalian bisa ngajar anak-anak yang sekolah di pendidikan anak usia dini (PAUD), disitu kalian diberi amanah untuk mengajari anak-anak usia dini dari latar belakang yang berbeda-beda dan kalian harus bisa mengajari mereka dengan kesabaran yang super ekstra. Salut untuk para guru di PAUD. Lanjut ke program diet lagi, dalam menjalani program diet juga ada tantangan tersendiri, seperti diajak makan sama teman-teman di restoran cepat saji. Lalu ketika pulang ada makan malem yang bila tidak dimakan akan menjadi mubazir. Kan bisa beli minum doang di restoran? Iya memang bisa, tapi bagaimana perasaan kalian melihat 8 orang teman kalian makan dengan lahap dengan makanan yang super duper lezat itu sementara kalian cuma seruput teh anget tawar? Kan nggak mungkin kalian makan sisa dari makanan mereka kalo ada yang nggak abis. Disinilah kami yang sedang menjalani program diet harus berfikir out of the box. Dari pengalamana gue yang sering diajak temen buat nongkrong entah itu di warteg, warkop, atau mall, inilah yang harus kalian lakukan saat mereka memesan makanan.
Pesananlah makanan yang tidak pakai daging
Kita ini terbuat dari tanah, tanah itu identic dengan alam, jadi alangkah baiknnya jika kalian memesan makanan yang tidak pakai daging, entah itu salad, sayur kangkung, atau timun disambelin. Kalaupun semua makanan pakai daging, pilihlah daging ayam, karna daging ayam dibandingkan daging sapi itu lebih murah, dan lebih putih dada juga pahanya. Setuju?

Pesan minum air mineral
Buat kalian para cowok biasanya kalian kalo nongkrong itu mesennya kopi buat temen nongkrong, kalo lagi menjalani program diet lebih baik pesanlah air mineral karna sudah pasti lebih murah dan lebih bening. Setuju?
Jadi dengan kedua tips dari gue itu, kalian bisa nongkrong tanpa harus kosong di atas meja makan kalian. Dan nongkrong tetep jalan juga program diet juga jalan. Tapi masih ada tapinya nih. Gue pernah diajak nongkrong di mall sama temen gue, ketika gue memesan salad dan air mineral, temen gue bilang begini “yaelah rik masih aje lu makan kayak orang jaman batu sayur sama air mineral? Slow aja gue bayarin sini makan daging sapi nih kayak gue, mumpung gue baru gajian” disitulah kalian diuji keimanan dan kesetiaan kalian kepada program diet. Kalo kalian sudah berteman dengan teman kalian lebih dari 5 tahun biasanya hal traktir mentraktir itu hal yang biasa, karna dalam pertemanan yang sudah selama itu biasanya tau yang sedang lagi dapet rezeki bisa bagi-bagi ke temennya. Gue pun demikian, kalo ada rezeki gue juga mentraktir temen gue. Jadi semuanya nggak ada yang dirugikan.

Nah sekarang bagaiman cara menganggapi jika kalian ditraktir seperti itu? Tariklah nafas yang dalam, tahan sejenak lalu bilang “nggak usah gue tadi udah makan bakso di rumah, ini aja cukup kok” kenapa kalian harus bilang begitu? Sekarang gini misalkan kalian ditanya balik “yaelah ini kan enak makan daging sapi” kalian bisa jawab “lah kan bakso juga daging sapi” temen kalian bales “tapi ini kan lebih enak” kalian bales “nggak kok cukup ini aja” temen kalian bales lagi “yaudah kalo gitu” kalian bales “oke makasih yak” dan temen kalian malah nanya “gimana kalo gue traktir mie ayam?” nah akhirnya kalian ngobrol di depan meja pemesanan sampai kasirnya bete nungguin dan pergi ke bioskop untuk nonton Dilan 1990, lalu pulang dari nonton, si penjaga kasir ini baper dan langsung pulang, pas kalian sudah ingin memesan ternyata restaurannya tutup karna kalian kelamaan ngobrol di depan meja pemesanan. Nggak mungkin sampe segitunya kan? Oleh karena itu jika ingin memesan makanan sesuaikan dengan apa yang udah masuk di perut kita, jangan makan melebihi kapasitas perut dan dompet. Karna yang berlebihan itu tidak baik, termasuk ngobrol di depan meja kasir dengan lama.

Setelah kalian selamat dari pertemuan pada siang hari, ketika kalian pulang pada malam hari, ternyata di rumah ada santapan lezat dari tangan ibu kalian. Pilihannya hanya satu kalo untuk ini, makanlah. Kenapa? Kan tadi siang Cuma makan dikit bro, masa lupa? Sekarang makan secukupnya untuk malam hari, biar nanti bisa tidur nyenyak dan bisa mimpi indah.

Menjalani program diet itu sangat asik kok kalau dijalaninya dengan ikhlas dan niat, tujuannya gue ikut program diet kan supaya bisa mendapatkan berat badan yang ideal, juga otot yang berguna suatu saat nanti kalo gue disuruh dorong mobil bokap pas lagi mogok, atau disuruh angkat beras 1 karung yang dibawa dari warung ke rumah. (ini gue kenapa berharap jadi kuli yak?)
Jadi sekali lagi hargai ya program diet yang sedang gue jalani ini. Minimal kalian bilang ke gue

“eh ky lu kurusan deh”

“iyaa makasih ya” jawab gue yang seneng

“tapi kok kalo dari sini keliatannya masih gendutan ya?”

Pada saat itu gue akhirnya menyadari, ini yang dinamakan sakit tapi tidak berdarah.

0 komentar:

 
;