Monday, August 1, 2011 0 comments

Puasa Telah Tiba

Assalamualaikum WR.WB  halo para pembaca... Sebelum gue bikin posting ini, gue minta maaf ya atas kata-kata, kalimat-kalimat gue di Blog, dan juga maafin juga atas kesalahan-kesalahan gue, maafin gue sebesar-besarnya ya kawan? Oiya bagaimana kabar kalian semua sehat kan? Semoga kalian sehat-sehat aja ya, kalo ada yang sakit semoga disembuhkan AMIN...

Posting kali ini gue nggak akan posting banyak-banyak tapi cuma berbagi sedikit info aja seperti :

-          Cara puasa yang asik
-          Cara ngabuburit yang seru
-          Menu sahur dan buka puasa
-          Cara terawih ala Riky Chan
-          Dan cara tahan dari amarah

Mungkin itu aja yang info yang pengen gue kasih ke kalian semua, dan info pertama dimulai dari :

-          Cara puasa yang asik

Puasa, siapa sih yang nggak seneng dengan kata puasa ini? Dimana semua dosa dihapus dan pahala dilipat gandakan, tapi tahun lalu gue mensurvei masih aja banyak orang membolongkan puasanya, padahal udah di kasih kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun ini, tetapi malah disia-siakan, emang susah sih bagi orang awam untuk berpuasa, dan ini gue kasih info cara berpuasa asik tuh gimana.

Jadi cara puasa yang asik itu kita harus banyakkin kegiatan kita selama puasa ini, karena misalnya kalo kita punya waktu luang banyak maka rasanya kita tuh malah merasakan lapar dan haus saja, makanya perbanyaklah kegiatan di bulan puasa ini, ya misalnya seperti merapihkan kamar, nyapu, ngepel, dan lain-lain. Kalo kita udah merasa lemes banget mending kalian nonton tipi atau nonton film (tapi inget jangan yang ada pornonya ataupun gosip), ya misalnya kaya film action, kartun, atau film apa kek gitu pokonya jangan ada pornonya deh. Nah kalo kalian udah merasa lelah kalian langsung tidur aja, ya tapi jangan lupa sama shalat lima waktu lah....

Kalo masih ada waktu luang mending dihabiskan dengan bermain dengan kakak atau adik kalian aja, tapi inget jangan berantem ya? Oiya kalo kalian punya alat fitnes lebih baik olahraga aja, nggak bakal laper atau haus kok, malah nambah kuat puasanya, atau kalo kalian punya alat musik mending main itu aja di teras rumah biar nggak bete gitu. Sebenernya puasa itu asik, kalo dilakukan dengan cara yang asik pula, tapi jangan terlalu asik, nanti malah disangka nyanyi “sik asik, sik asik dengan dirimu” #yailah

-          Cara ngabuburit yang seru

Kalo hari sudah sore pasti kalian udah merasa senang , karena buka puasa udah di depan mata, nah biar ngabuburitnya seru sambil nunggu buka puasa tiba, sebaiknya kalian jalan-jalan kemana gitu (buat cowok : jangan ngeliatin cewek terus) (buat cewek : jangan nekat pake pakaian yang minim), biasanya sih kalo ngabuburit itu ke tempat yang rame, kalo disini seperti di sektor sembilan Bintaro, wah itu mah udah pasti rame dan pas buat ngabuburit. Tapi kalo ingin ngabuburit di rumah mending olahraga yang ringan atau baca buku, kan kalo olahraga atau baca buku kaya gitu udah nggak bakal inget waktu deh.

-          Menu sahur dan buka puasa

Sekarang gue akan kasih tips buat menu yang bagus (menurut gue) untuk menu sahur dan buka puasa. Untuk sahur biasanya makanan harus yang bervitamin, kenapa eh kenapa, gue waktu itu pernah baca majalah apa gitu gue lupa namanya, kalo sahur itu harus makan makanan yang bervitamin dan berkabohidrat karena agar tubuh nggak gampang cape dan tetap sehat. Contohnya nasi + telor + sayuran, dll. Itu mah dijamin puasa sampe jam 9 malem juga lanjut. Jadi kalo bisa jika waktu sahur masih banyak, jangan makan mie dulu deh, karena minimal itu harus makan nasi dan sayuran (walaupun dikit), tapi kalo emang kepepet makan mie juga nggak apa-apa sih daripada nggak sahur? Ntar kalo nggak puasa, alasan yang paling sering gue denger “yah gue nggak kuat puasa nih, gara-gara tadi nggak saur”, woy bro, nggak sahur bukan berarti nggak puasa, kalo kalian udah niat dari awal mau puasa, sih kuat aja. Gue yakin orang yang kayak gitu niatnya “nanti siang mau makan apa ya? Nanti sore mau ngopi dimana ya?”.

Untuk buka puasa juga biasanya makanan juga harus manis, yang dimana gue denger dari ustad-ustad berceramah “berbuka puasalah dengan yang manis walaupun itu haya sebiji Qurma (kayanya gitu deh)” jangan memaknai “manis” ini dengan makna gombal, yaitu “teh kamu tawar, liat aku aja jadi manis” sejak kapan buka puasa bisa kenyang cuma liat muka orang yang kita suka, kenyang kagak, pingsan iya. Tapi kebanyakan orang buka puasa diawali dengan teh manis hangat karena biar makanannya nanti bisa lancar di usus (apa hubungannya?) dan inget kalo bisa kalian sholat dulu sebelum makan sesi 2, karena nanti kalo pas sholat kekenyangan juga nggak tenang sholatnya, dan juga ada yang beralasan “ntar dulu ah, masih kenyang, film Spongebobnya juga belom abis”.

-          Cara Tarawih ala Riky Chan

Nah sekarang ngomongin Tarawih nih, zaman sekarang banyak anak-anak itu jarang sholat Tarawih melainkan perang sarung, pacaran, main petasan, hingga tempur antar geng (kalo disekitar rumah gue sih kayak gitu), nah supaya kalian nggak ikut-ikutan kaya gitu, ini gue punya sedikit dorongan buat kalian agar selalu ikut Tarawih plus Witir juga.

Pertama, dari rumah harus niat mau sholat Tarawih bukan yang lain. 
Kedua, kalo ada ajakan temen selain sholat jangan diikutin (kecuali ada musibah).
Ketiga, kalo di depan Masjid atau Musholla ada tukang jajanan mending jangan beli dulu, belinya pas pulang aja.
Keempat, cari tempat yang nyaman.
Kelima, santai tapi serius.
Keenam, pakai pakaian layaknya orang sholat, nggak mungkin kan kalo tempur pake sarung, pas dikejar musuh gimana, lari pake sarung kan susah, apa harus loncat-loncat kalo dikejar musuh, kalo sarung kalian bisa mengeluarkan api sih, kemungkinan selamet.

-     Cara tahan dari amarah

Puasa itu berat bukan pada masalah laper atau hausnya melainkan nafsu, amarah, dan perbuatan kita lah yang susah dikendalikan, biasanya cuma kesenggol dikit aja udah marah hingga berantem.

“woy lu berani nyenggol gue, belom tau apa peliharaan gue lu?” kata pria 1

“maaf bang, emang peliharaan abang apa?” jawab pria 2

“keong” kata pria 1

“hening”.

Tapi kalo di bulan puasa kalian harus tahan atau bisa mengendalikan amarah kalian. Dan juga gue punya sedikit tips cara biar bisa tahan dari amarah, yaitu jika kalo ada masalah kalian tarik nafas dan keluarkan secara perlahan (dilakukan sampai sekiranya kalian udah bisa sabar) kenapa harus tarik nafas? Karena menurut gue menarik nafas itu membuat amarah kita bisa dikendalikan dan juga lebih refresh lagi, daripada narik tambang, malah disangka lagi lomba tujuh belasan. Tapi kalo kalian udah terlanjur nggak bisa tahan amarah sebaiknya kalian mengucapkan kalimat
“Astagfirullah”, karena kalimat “Astagfirullah” juga bisa membuat kita sabar dan juga menyesali apa yang kita perbuat tadi.

Mungkin itu aja yang bisa gue infoin ke kalian, nggak usah banyak-banyak gue juga agak susah ngejalani apa yang omongin itu tadi, tapi demi puasa kita diterima Allah kita harus bersabar, tahan amarah dan juga niat yang paling penting.


Sekian dari saya kalo benar datangnya dari Allah, dan kalo salah datangnya dari saya pribadi. Assalamualaikum WR.WB
 
;